Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Pembelajaran
Perkembangan teknologi jaringan Internet telah mengubah paradigma
dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi, yang tidak lagi dibatasi
oleh dimensi ruang dan waktu. Melalui keberadaan internet mereka bisa
mendapatkan informasi yang dibutuhkan dimanapun dan kapanpun waktu yang
diinginkan. Salah satu bidang yang tersentuh dampak perkembangan
teknologi ini adalah dunia pendidikan.
Sebagai sebuah sumber informasi
yang hampir tak terbatas, maka jaringan internet memenuhi kapasitas
dijadikan sebagai salah satu sumber pembelajaran dalam dunia pendidikan.
Bahkan beberapa perguruan tinggi ternama, mencanangkan lahirnya sistem
pembelajaran yang berbasiskan teknologi jaringan ini, seperti lahirnya
konsep tentang distance learning, web-based education, dan e-learning,
yang kalau ditinjau dari implementasinya mempunyai wujud yang hampir
sama, yaitu memanfaatkan fasilitas jaringan internet sebagai salah satu
sarana dan media dalam pendidikan dan pengajaran. Melihat perkembangan
fenomena ini, akan sangat tertinggal dunia pendidikan kita, jika tidak
bisa memanfaatkan teknologi internet. Walaupun belum akan
menyelenggarakan pengajaran maupun pendidikan berbasiskan internet,
setidaknya dosen mampu dan menganjurkan pemanfaatan resources yang ada
di internet sebagai salah satu sumber pembelajaran maupun bahan
pengajaran.
Sejarah Internet
Internet hari ini digunakan oleh lebih dari 500 juta orang di lebih dari
150 negara di dunia. Digunakan dalam bidang pendidikan, pemerintahan,
penelitian, kalangan bisnis, sampai ke masyarakat awam untuk saling
bertukar E-mail dengan teman-temannya. Bagaimana semua ini bermula?
Banyak orang percaya bahwa cikal bakal Internet bermula dari konsep Paul
Baran yang menuliskannya pada pada publikasi RAND
Corporation(Organisasi Pengendali Perang Dingin Amerika Serikat) awal
tahun 1960-an. P eriode yang sama seorang kandidat Doktor dari MIT
bernama Leonard Kleinrock telah menulis disertasi berjudul Communication
Nets: Stochastic Message Flow and Delay. (Lynch, 1993) Tahap awal
perkembangannya, internet bukan ditujukan untuk menjadi sebuah jaringan
publik, melainkan merupakan suatu sistem komunikasi data menggunakan
komputer, guna menunjang sistem informasi sistem keamanan nasional di
Amerika Seerikat. Pada tahun 1965, lembaga riset derpartement petahanan
(Departemen of Defense; DOD) Amerika Serikat ARPA (Advance Research
Projects Agency) mendanai sebuah riset kerjasama dengan kalangan
perguruan tinggi yang dimotori oleh MIT, UCLA, SRI International, UCSB
dan University of Utah. Kerja sama ini untuk mengembangkan sistem
komunikasi data antar komputer. Tahun 1972 proyek ARPA berubah nama
menjadi proyek DARPA/IPTO (Defense ARPA / Information Processing
Techniques Office). Sebelumnya pada tahun 1968 IPTO memperkenalkan
hubungan komputer untuk suatu jaringan kerja. Pada tahun 1972 jaringan
komputer terwujud dan melahirkan ARPANET dan didemonstrasikan di depan
konferensi Internasional dalam bidang komputer dan komunikasi
(International Conference on Computers and Communications – ICCC) di
Washington DC, berhasil mendemonstrasi hubungan dan komunikasi melalui
40 simpul terminal dengan beberapa host ARPANET, dan menjalankan
beberapa aplikasi yang berbeda. (Lynch, 1993)
Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber dan Sarana Pembelajaran
Perkembangan Internet yang begitu cepat telah mengubah banyak aspek dalam proses
komunikasi data komputer, setelah jaringan internet barubah menjadi
jaringan global, banyak aplikasi baru berkembang untuk menunjang
keefektifan dan kefleksibelan lintas data dalam jaringan internet, dan
Internet berubah menjadi topik yang selalu up to date untuk dibicarakan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar